Beranda
Artikel

PERNIKAHAN ANTI CERAI

May 29, 2017

“Demikianlah mereka bukan lagi dua, melainkan satu. Karena itu, apa yang telah dipersatukan Allah, tidak boleh diceraikan manusia." (Matius 19:6)

Tidak ada pasangan yang menikah sejak awal sudah merencanakan untuk bercerai. Namun faktanya, perceraian selalu terjadi dan bahkan angka perceraian dari waktu ke waktu semakin tinggi.
Masalahnya : apa yang salah? Mengapa bisa terjadi demikian?
Tentu masing-masing pasangan yang bercerai memiliki pendapat dan pandangan masing-masing. Dalam pernikahan Kristen, Alkitab menegaskan bahwa perceraian itu tidak diperbolehkan, kecuali maut/kematian yang memisahkan. Apa yang telah dipersatukan Tuhan, tidak boleh diceraikan oleh manusia. Oleh karena itu, bagaimana supaya membuat pernikahan anti cerai?

1. Miliki Visi
Seperti sebuah kapal tak bertujuan untuk merapat di sebuah pelabuhan tertentu, demikian pula bahtera rumah tangga Anda bila tidak memiliki visi atau impian. Ketahuilah bahwa impian atau visi adalah kompas bagi pernikahan. Memiliki sejumlah cara untuk membuat pernikahan kebal terhadap perceraian, dan mewujudkan mimpi yang Tuhan miliki bagi keluarga Anda, merupakan warisan yang sangat berharga bagi anak cucu Anda. Visi atau impian Anda menjadi salah satu pagar tembok yang membentengi pernikahan Anda dari ancaman perceraian.

2. Miliki kasih tanpa syarat
Untuk pasutri melangkah ke pernikahan, diperlukan kasih yang terus dipupuk dan dipelihara serta dihidupkan. Kasihilah pasangan Anda dengan kasih yang tanpa syarat. Jadikan pasangan Anda sebagai harta paling berharga yang Anda miliki, sehingga Anda tidak ingin kehilangan harta itu. Dengan sikap hidup yang mengasihi pasangan tanpa syarat, maka pernikahan Anda menjadi lebih kokoh dan terhindar dari perceraian.

3. Ekspresikan kasihmu
Sebagaimana iman tanpa perbuatan adalah mati, demikian juga kasih yang tak terwujudkan melalui tindakan. Anda perlu mengerti dan mengalami dulu cinta yang Tuhan sudah berikan untuk membuat pernikahan Anda tetap hidup dan penuh warna. Lalu dalam setiap kesempatan, komunikasikan / tunjukkan kasih itu melalui perkataan, sentuhan, dengan memberikan waktu bersama pasangan, melayani kebutuhan dan keperluan pasangan, serta sesekali memberinya hadiah yang bermakna (tidak harus hadiah yang mahal).

4. Berkomunikasi secara bebas
Komunikasi merupakan unsur yang sangat vital dalam pernikahan,  untuk memperdalam dan mempertahankan pernikahan dari ancaman perceraian. Selain kualitas topik pembicaraan, kuantitas komunikasi merupakan hal yang sangat penting. Luangkan waktu untuk bercakap-cakap dengan pasangan Anda setiap hari. Hal ini akan sangat efektif membantu mempertahankan pernikahan Anda. Nikmatilah kedekatan emosional, fisik dan rohani bersama pasangan Anda. Jika Anda setia dan berkomitmen untuk melakukan hal ini, maka pernikahan Anda pasti langgeng dan aman dari virus perceraian.

5. Tidak menyimpan rahasia
Salah satu point penting yang harus diperhatikan dalam menjalin hubungan pernikahan yang sehat adalah adanya saling kejujuran dan keterbukaan antara Anda dan pasangan Anda. Apabila Anda seorang laki-laki yang juga sebagai suami, maka Anda harus mengerti bahwa kejujuran dan keterbukaan adalah salah satu kebutuhan utama dari istri Anda. Dengan pemahaman semacam itu, maka pernikahan Anda akan tetap kuat dari hantaman badai perceraian. Lakukan keterbukaan dan kejujuran, tentunya dengan berhikmat, sehingga istri memiliki kepercayaan kepada Anda dan pernikahan Anda dapat dihindarkan dari perceraian.

 

6. Libatkan Tuhan dalam pernikahan Anda
Dalam segala hal, apapun yang hendak diputuskan, khususnya yang menyangkut hidup rumah tangga dan pernikahan, selalulah melibatkan Tuhan. Ajaklah pasangan untuk berdoa, membaca Firman Tuhan, dan bila memungkinkan melayani bersama dalam komunitas tubuh Kristus. Dengan demikian pernikahan menjadi solid, sehingga ancaman perceraian tidak mengganggu dan merusak pernikahan.

 

Himawan Hadirahardja

Book Testimonial

  • Gregory W. Slayton penulis buku ini, menyadarkan bahwa ada profesi kita semua yang lebih mulia dan tidak kalah besar tanggung jawabnya. Saya dan Anda semua laki-laki yang sudah berkeluarga adalah sosok yang memiliki profesi sebagai Ayah. Ini profesi yang dilakukan seumur hidup kita dan sekaligus profesi yang telah Tuhan berikan kepada kita.

    Itulah sebabnya, ditengah-tengah kesibukan saya sebagai Gubernur Provinsi DKI Jakarta, saya selalu berkomitmen untuk menyediakan waktu bagi keluarga, istri dan anak - anak. Keberhasilan saya sebagai Gubernur, read more...

    Basuki Tjahaja Purnama, Gubernur DKI Jakarta

  • Be a Better Dad Today, ditulis oleh pengarang yang memiliki banyak pengalaman dan profesi. Sebagai professor, tidak mengherankan bila bukunya sangat sistematis.Sepuluh Panduan Menjadi Ayah yang Hebat, adalah tulisan yang disusun dengan sangat baik, sistematis dan mudah dipahami.

    Sebagai mantan duta besar Amerika dan pelaku bisnis, Slayton memiliki pengalaman sangat luas.Pertemuannya dengan banyak orang, mengamati kesuksesan dan kegagalan seorang Ayah, membuat tulisan dalam buku ini sungguh kaya dan relevan untuk kita semua. read more...

    Juga Suhendro Hadiwidjojo, Ketua Umum PGTI

view more testimonial...